jump to navigation

Mengasihi!!! Siap. Laksanakan Oktober 4, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Sabtu, 04 Oktober 2008

Mengasihi!!! Siap. Laksanakan

Yohanes 15:17

“Inilah perintahKu kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain”

 

           Ada pepatah orang Batak mengatakan: “molo marsuru raja dae do so oloan”; terjemahan bebasnya kira-kira demikian: “kalau seorang raja memerintahkan tidak ada alasan untuk menolak”.  Pepatah ini menunjukkan otoritas seorang raja dimana di dalam perintahnya ada kuasa yant tidak mungkin untuk dilawan, jika dilawan, ditentang dan tidak dilaksanakan hukuman akan dijatuhkan.

            Dalam nas ini Tuhan Yesus memberi perintah: “kasihilah seorang akan yang lain”. Yesus adalah Raja di atas segala raja, segala kuasa ada di bawah kuasa-Nya. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa orang lebih mengindahkan perintah raja-raja atau penguasa-penguasa dunia ini daripada Yesus Kristus, Raja dari segala raja. Betapa tidak hal tersebut ditanyakan karena dalam kehidupan manusia di dunia ini saat ini yang nyata terjadi adalah hidup mementingkan diri sendiri, persaingan yang tidak sehat, iri hati dan dengki, bahkan sampai kepada melakukan tindakan kejahataan (kriminalitas) kepada sesama. Sedangkan kasih akan sesama semakin pudar dan tertinggal jauh.

            Kalau raja-raja dunia ini berkuasa untuk menghukum orang-orang yang tidak mengindahkan perintahnya, lebih berkuasa lagi Yesus Kristus, Raja dari segala raja, untuk melakukan penghukuman atas pelanggaran akan perintah-perintahNya pada hari penghakiman kelak pada waktu kedatanganNya yang kedua kalinya.

            Sebab itu selagi masih ada kesempatan marilah kita menjadi pelaku-pelaku perintah Tuhan. Perintah Yesus sudah kita dengar: “kasihilah seorang akan lain” sudah kita dengar; jawaban kita adalah: “Siap. Laksanakan”. dengan membuat kasih itu operasional  dalam hidup kita.

 

Doa:       Ya Tuhan, bentuk hidup kami menjadi pelaku perintahMu di dalam hidup kami. Sadarkan kami betapa besarNya kasihMu dalam hidup kami dan Roh KudusMu menguatkan kami menjadi orang yang hidup di dalam kasih. Amin

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: