jump to navigation

Menghargai Hidup Oktober 13, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Senin, 13 Oktober 2008

 

Menghargai Hidup

 

Ayub 10: 12

“Hidup dan kasih setia Kaukaruniakan kepadaku,

dan pemeliharaan-Mu menjaga nyawaku”

 

 

Siapakah pemberi hidup? Darimana asalnya kasih setia? Nyawa kita siapakah yang menjaganya? Jawabnya adalah Tuhan Pencipta langi dan bumi. Saat ini, menghargai hidup merupakan tantangan dan pergumulan yang dihadapi masyarakat. Penyakit sosial seperti ketergantungan akan obat terlarang, pergaulan bebas, hidup hedonisme, menajiskan hidup dengan perbuatan-perbuatan jahat, korupsi dll, adalah cerminan perilaku yang tidak menghargai hidup. Sebaliknya sikap yang demikian adalah menempatkan hidup menjadi hidup murahan yang pada akhirnya mendatangkan penderitan dan kesusahan di tengah-tengah masyarakat.

Dengan mengetahui bahwa hidup yang saat ini boleh kita jalani adalah pemberian Tuhan yang harus dipertanggungjawabkan maka kita akan lebih menghargai hidup. Kalau sampai saat nyawa kita masih terpelihara dan terjaga dengan aman adalah karena pemeliharaan Tuhan. Pemeliharaan Tuhan atas nyawa kita  bukanlah supaya ada kesempatan bagi kita berbuat dosa dengan memuaskan hawa nafsu  dan keinginan daging; sebaliknya Tuhan memelihara nyawa kita adalah supaya bagi kita ada kesempatan untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik. Hidup dan dan pemeliharaan Tuhan adalah waktu dan kesempatan serta tanggungjawab membuat hidup berharga dan berguna bagi kita, sesama dan bagi Tuhan. Rasul Paulus mengatakan: “jika aku hidup, bagiku hidup memberi buah”. Sudahkah kita membuahkan buah yang baik sebagai bukti bahwa kita menghargai hidup?

 

Doa:       Ya Tuhan, tuntun kami untuk lebih menghargai hidup yang Engkau karuniakan supaya kami membuahkan buah yang baik untuk kemuliaan namaMu. Amin.   

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: