jump to navigation

Basuh dan Bersihkanlah Dirimu Oktober 29, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Rabu, 29 Oktober 2008

 

Basuh Dan Bersihkanlah Dirimu

 

Yesaya 1 : 16

 

“Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu

yang jahat dari depan mataKu. Berhentilah berbuat jahat”

 

Sesuatu yang kotor pasti mengurangi penampilan dan tidak menarik di pandang mata. Misalnya: pakaian yang kotor, halaman yang kotor, ruangan yang kotor dll. Nah untuk mengembalikan penampilan yang baik dan menarik yang dilakukan adalah dengan membasuh dan membersihkan. Dalam nas ini Tuhan melalu nabi Yesaya berfirman:  ‘basuhlah, bersihkanlah dirimu’. Mengapa Tuhan berfirman supaya umat-Nya melakukan ‘pembasuhan’ dan ‘pembersihan’? Tentu saja di tengah-tengah umat Israel ada sesuatu yang membuat penampilannya kurang menarik bagi Tuhan; ada sesuatu yang mengotori umat Israel sebagai umat Tuhan. Di tengah-tengah umat Israel terdapat tindakan yang jahat, keliru dan sia-sia yang mengotorinya.  Umat Israel dituntut menjauhkan perbuatan-perbuataan jahat. Mereka harus berhenti berbuat jahat.

Mari kita menyelidiki hati, pikiran dan kehidupan kita. Jangan-jangan penampilan kita juga sudah tidak menarik perhatian Tuhan karena perbuatan-perbuatan kita yang jahat yang mengotori penampilan kita. Jika demikian, kita harus segera melakukan pembasuhan dan pembersihan. Dengan apakah kita membasuh dan membersihkannya? Sabun atau detergen apa yang harus kita pergunakan untuk membersihkan dan membasuhnya? Pembasuhan dan pembersihan hanya oleh darah Yesus Kristus. Oleh sebab itu, marilah kita datang kehadirat Yesus Kristus memohon pengampunan dosa dan pembaharuan hidup. Kita juga harus berhenti dan putus hubungan dengan segala perbuatan-perbuatan jahat dan kembali hidup menurut firman-Nya. Stop berbuat jahat; lakukanlah perbuatan-perbuatan baik sebagai bukti bahwa kita telah dibasuh dan dibersihkan oleh darah Tuhan Yesus Kristus.

 

Doa :      Ya Tuhan, dengan kuasa Roh Kudus kuatkan kami untuk menjauhkan diri kami dan berkata tidak terhadap perbuatan-perbuatan jahat. Amin.    

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: