jump to navigation

Tetaplah Tenang Dan Percaya November 4, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Selasa, 04 Nopember 2008

 

Tetaplah Tenang Dan Percaya

 

Yesaya 30 : 15

 

“Sebab beginilah firman Tuhan Allah, Yang Mahakudus, Allah Israel:

 Dengan bertobat dan tinggal diam kamu  akan diselamatkan,

dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu. Tetapi kamu enggan”

 

 Di saat kita sedang berada di dalam kesulitan, kesusahan dan terancam, tentu yang kita harapkan pada saat seperti itu adalah datangnya penolong yang dapat membebaskan dan menyelamatkan kita dari situasi yang sulit dan bahaya tersebut. Dalam situasi yang demikian bisa saja kita meminta pertolongan kepada siapa saja tanpa kita pikirkan apakah yang kita lakukan tersebut benar atau tidak. Bagi kita yang penting adalah selamat dan bebas, hal-hal lain tidak kita pikirkan dan pedulikan.

Demikianlah yang terjadi kepada umat Israel. Di saat mereka menghadapi situasi yang sulit dan ada rasa kuatir terhadap serangan bangsa Babel mereka meminta pertolongan kepada bangsa Mesir. Perbuatan tersebut menunjukkan bahwa mereka ragu akan pertolongan Tuhan, mereka ragu bahwa Tuhan berada di pihak mereka. Mereka lebih percaya kepada Mesir dari pada kepada Tuhan.  

Nas ini mengingatkan kita bahwa pertolongan kita hanya berasal dari Tuhan. Apakah kita mau Dia selamatkan? Jika kita ingin diselamatkan oleh Allah kita harus bertobat dan tinggal diam. Bertobat dan tinggal diam artinya mempercayai kuasa Allah tidak kuasa-kuasa dunia ini serta percaya bahwa Tuhan akan berperang untuk menyelamatkan kita. Kita akan dikuatkan menghadapi setiap kesulitan, kesusahan dan ancaman apabila kita tinggal tenang dan percaya. Syair nyanyian rohani mengatakan: “disaat ku tak berdaya kuasa yang sempurna ketika ku berdoa mujizat itu nyata. Ketika ku percaya muzijat itu nyata”.  Oleh sebab itu, tetaplah tenang dan percaya sebab Allah adalah keselamatan bagi kita.

 

Doa:       Ya Tuhan, ketika kami menghadapi kesulitan, kesusahan dan hidup kami terancam. Berilah kepada kami hati yang tenang dan ajar kami untuk berserah dan percaya akan kuasaMu yang menyelamatkan. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: