jump to navigation

Mengenakan Manusia Baru November 7, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Jumat, 07 Nopember  2008

 

Mengenakan Manusia Baru

 

Efesus 4 : 24

 

“Dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah

di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya””

 

Saya masih ingat waktu masih kecil sangat bangga menunjukkan kepada teman-teman kalau mempunyai sesuatu yang baru, mis: baju baru, sepatu baru, sepeda baru. Dan saya masih ingat waktu mau natal sekolah minggu; saya tidak mau ikut pajojoron (mar-liturgi) kalau saya tidak dibelikan baju baru. Maklum, memang baju baru hanya sekali setahun, ya pada hari natal saja. Memang memakai yang baru yang membuat penampilan kita semakin menarik adalah sesuatu yang membanggakan.

Dalam nas ini rasul Paulus mengajak kita untuk mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. Mengenakan manusia baru tentu saja dengan menanggalkan manusia lama yaitu kehidupan di dalam dosa. Tanggalkan cara hidup yang lama sama seperti menanggalkan baju tua yang kumal dan butut dan kenakanlah pakaian yang baru; tanggalkan segala dosa dan kenakanlah kebenaran dan kekudusan yang Allah karuniakan kepada kita.

Sama seperti ketika saya anak-anak (kita semua juga pasti begitu) sangat senang kalau mempunyai yang baru dan ingin terus memakainya; demikianlah juga kita mengenakan manusia baru. Kita senang melakukan kebaikan; kita menunjukkan identitas kita melalui perbuatan dan perkataan sebab kita telah dikaruniakan Allah kebenaran dan kekudusan. Kebenaran dan kekudusan itu tidak untuk disimpan tetapi untuk dikenakan dan ditunjukkan di dalam kehidupan kita sehari-hari.   

           

 

Doa:    Ya Tuhan, ajarlah kami untuk senantiasa mengenakan manusia baru yaitu hidup dalam kebenaran dan kekudusan yang telah Engkau karuniakan di dalam kehidupan kami sehingga kami hidup sesuai dengan kehendakMu, . Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: