jump to navigation

Konfirmasi Iman November 20, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Kamis, 20 Nopember 2008

 

Konfirmasi Iman

 

Yosua 24: 15c

 

“Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan”

 

Dalam kehidupan kita di dunia kita sering diperhadapkan dengan  suatu keadaan dimana kita harus memilih atau menentukan pilihan, mis: kanan atau kiri, kehidupan atau kematian, putih atau hitam, percaya atau tidak percaya, menjadi suami/isteri yang baik atau tidak. Perjalanan selanjutnya sangat ditentukan oleh pilihan kita. Dalam nas ini Yosua mengumpulkan umat Israel untuk menyegarkan kembali iman kepercayaan mereka kepada Tuhan; Yosua melakukan konfirmasi kepada umat Israel mengenai iman percaya mereka kepada Tuhan.  Terlebih dahulu Yosua mengingatkan atau menyegarkan mereka kembali bagaimana Tuhan telah menyertai dan memelihara kehidupan kita.

Yosua memberikan kebebasan kepada umat-Nya untuk memilih: percaya dan beribadah kepada Tuhan atau kepada allah lain (Baal)”.  yang pasti Yosua sebagai seorang pemimpin di tengah-tengah umat dan di tengah-tengah keluarga: “bahwa dia dan seisi rumahnya akan beribadah kepada  Tuhan”. Beribadah kepada Tuhan artinya hidup di dalam ketaatan kepada Tuhan serta bersungguh-sungguh untuk melakukan kehendak-Nya.

Saat ini, kepada kita juga hendak dilakukan konfirmasi iman. Kepada siapakah kita beribadah? Kepada Tuhankah atau kepada allah lain. Sebagai pertimbangan untuk memilih perlu kita tahu apa yang telah Tuhan perbuat dalam hidup kita, banyak berkat yang telah kita terima dimana berkat terindah dari Tuhan adalah Dia mengutus anakNya ke dunia ini untuk menebus kita dari kuasa dosa dan kematian. Dengan mengenal perbuatan Tuhan dalam kehidupan kita maka kita akan berkata seperti Yosua: tetapi aku (dan seisi rumahku), kami akan beribadah kepada Tuhan.

 

Doa:       Bapa kami di dalam sorga. Kami puji dan muliakan NamaMu karena kasihMu di dalam kehidupan kami. Dalam dunia ini kami menghadapi banyak cobaan dan ujian, bimbing kami dengan Roh KudusMu supaya kami tetap setia hanya kepadaMu dan beribadah hanya kepada Tuhan. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: