jump to navigation

Praktekkan Yang Kita Tahu November 22, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Sabtu, 22 Nopember 2008

 

Praktekkan Yang Kita Tahu

 

Yakobus 4 : 17

 

“Jadi jika seseorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik,

tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa”

 

Disebut berdosa adalah ketika kita melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hukum, perintah dan firman Tuhan. Kita berdosa karena kita menyembah allah lain, menyebut nama Tuhan dengan sembarangan, tidak menghormati orangtua, mengucapkan saksi dusta, membunuh, mengingini milik orang lai; artinya hidup yang kita tunjukkan bertentangan dengan hukum kasih yaitu mengasihi Allah dan mengasihi sesama manusia. Penulis surat Yakobus menambahkan mengenai seseorang itu disebut berdosa. Seseorang itu disebut berdosa bukan hanya karena melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum kasih tetapi ketika kita tahu bagaimana harus berbuat baik tetapi kita tidak melakukan kita adalah orang berdosa.       

Apa yang mau disampaikan nas ini kepada kita? Supaya kita tidak hanya pendengar firman saja tetapi kita harus menjadi pelaku firman yang telah kita dengar. Dengan pengajarannya ini penulis Yakobus mengajak kita untuk lebih sungguh-sungguh mempraktekkan apa yang telah kita tahu dari firman Tuhan. Dari pembacaan dan pendengaran akan firman Tuhan kita telah tahu bahwa kita harus berbuat baik, maka kita harus melakukannya supaya kita tidak berdosa sebab iman tanpa perbuatan adalah mati dan sia-sia.

Marilah kita menjadi pelaku firman, marilah kita menjadi orang-orang yang bijaksana yang mendengar dan melakukan firman Tuhan. Firman Tuhan yang kita dengar tidaklah hanya konsumsi pengetahuan saja tetapi kita hendaknya mengaktualisasikannya dalam hidup kita. Kita tahu bagaimana harus berbuat baik, kita tahu bahwa kita harus saling mengasihi, saling mengampuni, saling bertolong-tolongan, saling menghormati dan banyak lagi yang kita tahu bagaimana harus berbuat baik, maka marilah kita melakukannya dengan menjadikannya menjadi menu utama dalam hidup untuk dilakukan.

 

Doa:       Bapa di dalam sorga kami memohon pengampunanMu atas dosa kami sebab kami sering tidak berbuat baik padahal kami tahu bagaimana kami harus berbuat baik. Ajar kami supaya kami mempraktekkan apa yang kami tahu dari firmanMu.  Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: