jump to navigation

Semua Ciptaan Memuji Tuhan Desember 1, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Senin, 01 Desember 2008

 

Semua Ciptaan  Memuji Tuhan

 

Yesaya 42 : 10

 

“Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan dan pujilah Dia dari ujung bumi.

Baiklah laut bergerumuh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya”

 

                Kita sudah memasuki minggu adven yaitu minggu-minggu menyambut kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Menyambut kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang pertama di Betlehem 2000 tahun yang lalu yang nantinya puncaknya dirayakan pada perayaan natal 25 Desember; dan menyambut kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kalinya yang sering disebut dengan akhir zaman dimana setiap orang akan dihakimi sesuai dengan perbuatannya.

               Kedatangan Tuhan patut disambut, bukan oleh umat-Nya saja, melainkan oleh seluruh manusia dan segenap alam dari ujung bumi dan pulau-pulau karena keselamatan dari Tuhan menjangkau sampai disitu. Sebagai contoh disebut dalam nas ini laut serta segala isinya berupa margasatwa dan manusia yang berlayar di laut, pulau-pulau dengan segala penduduknya. Semunya harus memuji Tuhan dengan menyanyikan nyanyian baru.

               Pujian seperti apakah yang dikehendaki Tuhan dari umatNya? Nyanyian baru yang bagaimanakah yang dikehendaki oleh Tuhan untuk kita nyanyikan? Pujian dan nyanyian baru yang dimaksud adalah segala perbuatan yang membawa orang kepada hidup yang menyembah Allah (bnd. 1 Kor.14 : 25) dan dengan setiap kesaksian kita di antara bangsa-bangsa bahwa “Tuhan itu Raja” (Mazmur 24 : 10). Itu artinya fungsi kita sebagai umat Tuhan adalah menuntun dan membimbing segenap bumi dan segala yang ada di dalamnya untuk “memuji dan bernyanyi bagi Tuhan”. Menuntun dan membimbing segenap bumi dengan menjaga keutuhan ciptaan baik alam maupun sesama manusia. Hubungan antara manusia dengan manusia dan antara manusia dengan alam yang selama ini telah rusak harus diperbaiki dan baharui dalam rangka menantikan kedatangan Tuhan, itulah nyanyian baru kita untuk menyambut kedatanganNya. Selamat Adven.   

                         

Doa:    Bapa di dalam sorga kami puji dan muliakan namaMu. Kami bersyukur karena Engkau akan datang, dan ajarlah kami untuk menyambutMu dengan puji-pujian dan nyanyian baru. Serta pakailah hidup kami untuk membimbing segenap bumi ini menjadi penyemah-penyembah bagiMu. Amin.  

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: