jump to navigation

Tuhan Gembala Kita Desember 2, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Selasa, 02 Desember 2008

 

Tuhan Gembala Kita

 

Mikha 5 : 3  

 

“Maka ia akan bertindak dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan Tuhan, dalam kemegahan nama Tuhan Allahnya; mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi”

 

 

Nas ini adalah nubuatan keselamatan yang akan Tuhan nyatakan kepada umatNya setelah hukuman yang akan dialami karena pemberontakan kepada Tuhan. Kasih Tuhan lebih besar dari murkaNya walaupun Dia harus menghukum umatNya tetapi pada waktunya Tuhan akan bertindak untuk menyelamatkan melalui kedatangan  Mesias yaitu seseorang yang diurapi atau ditahbiskan menjadi penyelamat. Mesias yang akan datang itu akan bertindak sebagai Gembala yang menggembalakan umatNya dalam kekuatan Tuhan dan dalam kemegahan Tuhan.

Mesias yang dinubuatkan nabi Mikha dalam nas ini sudah digenapi di dalam diri Yesus Kristus. Dia-lah Anak Allah yang diurapi untuk menyelamatkan dunia ini. Roh Tuhan ada padaNya untuk membawa keselamatan kepada orang miskin, orang tawanan, orang buta dan memberitakan tahun rahmat Tuhan. Itu artinya kita hidup di dunia ini tidaklah hidup tanpa ada yang menuntun dan memelihara, kita mempunyai Gembala yang dengan setia menuntun dan memelihara kita dalam perjalanan kita di dunia ini. Mungkin kita menghadapi pergumulan-pergumulan hidup tetapi Gembala Agung yaitu Yesus Kristus akan memampukan kita melewatinya sebab Dia menggembalakan kita dengan kekuatan dan kemegahan Tuhan.

Dalam terang minggu-minggu adven, dimana kita sudah melewati adven I dan akan memasuki adven II, nabi Mikha tidak membedakan di antara kedatangan Yesus Kristus Sang Mesias yang pertama kali dan kedatangan-Nya kembali untuk membinasakan semua kejahatan. Yang pasti pada kedatangan Yesus Sang Mesias yang pertama kali Dia juga sudah mengalahkan kuasa dosa dan kejahatan. Walaupuan dosa dan kejahatan masih ada kuasanya saat ini tetapi dia tidak lagi berkuasa atas hidup kita. Ketika nanti Yesus Sang Mesias itu datang kedua kalinya Dia akan mengalahkan dosa dan kejahatan dengan sempurna dimana Dia menjadi Allah kita dan kita menjadi umatNya dalam persekutuan yang akrab dan mesra. Kita akan tinggal tetap, hidup dengan aman dan Kristus akan memerintah seluruh dunia. Yesus Sang Mesias menggembalakan kita yang perlu kita renungkan saat ini adalah apakah kita sudah menjadi domba yang baik yang mengenal suara yang menggembalakan kita? Selamat Adven.    

  

Doa:       Ya Tuhan Bapa kami, kami bersyukur kepadaMu. Karena Engkau menggembalakan kami dengan kekuatan dan kemegahan sehingga dunia ini tidak dapat menguasai kami. Jadikanlah kami menjadi domba-domba yang setia mendengar suaraMu dan melakukan kehendakMu. Amin.

Komentar»

1. castlesianipar - Desember 2, 2008

Ketika Yesus memperkenalkan diriNya sebagai gembala kita (manusia ) pada saat itu jugalah Dia mau katakan bahwa kita ini bukan siapa-siapa dan tak dapat berbuat apa-apa juga makhluk yang memang harus berketergantungan padaNya dalam segala hal! salam kenal amang..Horas http://castlesianipar.wordpress.com

2. Pdt. Agus Dasa Silitonga - Desember 3, 2008

Horas. Salam kenal juga hasian. Saya setuju, kita memang makhluk yang harus bergantung kepada-Nya. Marilah kita menjadi domba-domba yang baik dihadapan Gembala Yang Baik, Tuhan Yesus Kristus. TuntunanNya membawa kita ke air yang tenang, ke padang rumput yang hijau (Mzm.23). Dalam suka dan duka Dia hadir menguatkan dan menghibur kita. Syalom.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: