jump to navigation

Congkak!! No. Rendah Hati!! Yes Desember 9, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Senin, 08 Desember 2008

 

Congkak!! No.  Rendah Hati!! Yes

 

Daniel 4 : 37b

 

“Segala perbuatan-Nya adalah benar dan jalan-jalan-Nya adalah adil,

dan yang sanggup merendahkan mereka yang berlaku congkak”

 

               Nas ini adalah pengakuan Raja Nebukadnesar setelah sebelumnya dia meninggikan dirinya dengan tidak mengakui bahwa kekuasaannya terbatas; tetapi pada akhirnya dia mengakui kuasa dari Tuhan yang perbuatan-Nya benar dan jalan-Nya adalah adil yang sanggup merendahkan orang-orang yang berlaku congkak. Meskipun Nebukadnezar seorang raja yang berkuasa atas kerajaan yang luas, tetapi kekuasaan serta kemuliaannya adalah di bawah kekuasaan serta kemuliaan Tuhan. Waktu pemerintahan raja manusiawi itu terbatas, dan Tuhan berkuasa menurunkan seorang penguasa dari takhtanya dan menggantikannya dengan orang lain, bahkan orang yang paling kecil atau rendah, dengan orang yang tidak diperhitungkan. Sebab Tuhan bebas bertindak menurut kehendak-Nya.

               Hal ini menjadi peringatan kepada kita. Kecongkakan Nebukadnezar ini dapat juga terjadi dalam kehidupan kita sebab kita semua ingin berkuasa dan keinginan kita tidak terbatas. Sama seperti manusia pertama dalam Kejadian 3:5, kita mau “menjadi sama seperti Allah”. Kesombongan dan kecongkakan sering dianggap sebagai akar semua dosa. Oleh sebab itu,   siapa pun kita dan setinggi apa pun kedudukan kita, seberapa banyak pun kekayaan yang kita miliki, janganlah kita jatuh ke dalam ke sombongan dan kecongkakan. Sebaliknya tetaplah hidup di dalam kerendahan hati sebab apa pun yang ada pada kita berasal dari Tuhan yang perbuatan-Nya adalah benar dan jalan-jalan-Nya adalah adil. Dia tidak akan membiarkan orang-orang congkak tetap hidup di dalam kecongkakan. Orang-orang sombong, congkak dan orang yang meninggikan diri  akan direndahkan-Nya, sebaliknya orang yang merendahkan dirinya akan ditinggikan-Nya.

               Marilah kita menyadari, bahwa tidak ada yang dapat kita sombongkan atau tidak ada sesuatu apa pun dalam diri kita yang menjadikan kita berhak untuk congkak dan meninggikan diri; sebab segala sesuatu yang ada pada kita, kuasa, jabatan dan harta semuanya berasal dari Dia yang berkuasa atas segala sesuatu.Yang harus kita lakukan dalam hidup ini adalah merendahkan diri, bersyukur serta mempergunakan segala sesuatu yang ada pada kita untuk kemuliaan-Nya.

                

                         

Doa:    Ya Bapa kami yang di sorga. Tuntun kami dengan Roh Kudus supaya kami tidak jatuh ke dalam kecongkakan tetapi kami senantiasa merendahkan diri dan bersyukur kepadaMu Amin.  

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: