jump to navigation

Masa Depan Yang Baru Desember 12, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Jumat, 12 Desember  2008

 

Masa Depan Yang Baru

 

Yesaya 11 : 1 – 2

 

“Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dan pangkalnya akan berbuah. Roh Tuhan akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan”

 

Firman Tuhan seperti pedang bermata dua, pada satu sisi bisa merupakan ancaman dan di sisi lain memberi penghiburan. Sisi ancaman kebinasaan karena pemberontakan telah diberitakan Yesaya pada psl. 10: 33-34; dalam nas ini disampaikan berita penghiburan yaitu kehidupan yang baru yang ajaib dan masa depan yang baru. Disebut kehidupan yang baru dan masa depan yang baru karena secara luar biasa Tuhan menumbuhkan suatu tunas dari tunggul Isai yaitu dari kerajaan Yehuda yang tidak luput dari hukuman Tuhan sehingga kehilangan kemuliaannya. Digambarkan bahwa pohonya telah ditebang yang tinggal hanya tunggul-tunggulnya saja. Dari tunggul yang sebenarnya tidak diharapkan lagi untuk bertunas tetapi Tuhan mengeluarkan tunas baru dari akarnya suatu tunas yang kuat dan subur sehingga akan tumbuh menjadi taruk yang berbuah. Tunas yang keluar dari tunggul Isai ini merupakan nubuatan mengenai Mesias yang akan datang untuk membawa kehidupan baru dan masa depan yang baru bagi umatNya Israel dan bagi umat manusia. Dalam diri Sang Mesias Roh Tuhan akan bekerja sepenuhnya yaitu roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan.

Berita dalam nas ini juga menjadi berita penghiburan bagi kita saat ini. Di saat kehidupan yang semakin sulit karena krisis ekonomi, terjadi pemutusan hubungan kerja di berbagai perusahaan, kita bertanya: apakah masih ada kehidupan yang baru dan masa depan yang baru yang lebih baik? Tuhan Yesus Kristus yang  adalah tunas yang keluar dari tunggul Isai telah datang ke tengah-tengah dunia ini membawa kehidupan baru dan masa depan yang baru bagi orang-orang yang percaya kepada-Nya.

Percaya kepada Yesus Kristus dan hidup di dalam Dia, segala pergumulan akan dapat kita lalui, keputusasaan tidak akan menghantui kehidupan kita sebaliknya kita tetap berpengharapan di dalam Dia ada masa depan yang penuh harapan dalam hidup saat ini terlebih dalam kehidupan yang akan datang.

 

Doa:    Ya Tuhan, kami mengucapkan terima kasih karena Engkau melalui AnakMu, Tuhan Yesus Kristus, menyediakan bagi kami kehidupan yang baru dan masa depan yang baru. Berikan kepada kami iman dan pengharapan yang teguh dan kokoh, bahwa Tuhan dapat melakukan melebihi dari apa yang kami doakan dan pikirkan. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: