jump to navigation

Jangan Ada allah Lain Dihadapanmu Desember 17, 2008

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Harian, Rabu, 17 Desember 2008

 

Jangan Ada allah Lain Dihadapanmu

 

Hosea 13 : 4

 

“Tetapi Aku adalah Tuhan, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku”

 

            Hosea adalah satu-satunya nabi yang berasal dari Israel Utara, arti namanya adalah: “Tuhan menyelamatkan”. Riwayat hidup yang dijalani Hosea mewarnai tugasnya sebagai seorang nabi. Atas perintah Tuhan, Hosea mengawini seorang perempuan sudal, bernama Gomer (Hos.1:2-3). Dari hubungannya dengan Gomer dilahirkan tiga anak dengan nama simbolis, yaitu: Yizreel, Lo Ruhama (Hos.1:6 ‘yang tidak disayang’), dan Lo Ami ( Hos.1:9 ‘bukan umatKu’). Semua yang dilakukan Hosea tersebut untuk menggambarkan bahwa Israel telah meninggalkan Tuhan dan bersandar kepada Baal. Tindakan itu disebut Hosea persundalan dan perzinahan yang mendatangkan murka dan hukuman Tuhan.

            Dalam nas ini Hosea menyampaikan perkataan yang berasal dari Tuhan mengenai hubungan Tuhan dengan umat Israel. Tuhan adalah Allah mereka sejak dari Mesir, mereka tidak mengenal Allah lain kecuali Tuhan. Dengan perkataan ini Tuhan mengingatkan umat-Nya bahwa Dia-lah yang membawa mereka keluar dari perhambaan di Mesir. Hanya Tuhan-lah juruselamat tidak ada allah lain yang dapat menyelamatkan mereka. Tuhan-lah yang mengutus Musa untuk memimpin umat-Nya serta melakukan tulah di Mesir. Tuhan jugalah yang menyelamatkan mereka di laut Tiberau serta yang memelihara mereka selama perjalanan di padang gurun. Dengan firman ini, umat Israel hendak diingatkan untuk kembali kepada Allah dengan meninggalkan allah lain yaitu Baal yang mereka sembah. Umat diingatkan untuk meninggalkan persundalan dan perzinahan rohani yang akan mendatangkan murka Allah sehingga Tuhan akan menyelamatkan mereka dari penghukuman yang akan ditimpakanNya kepada umat Israel (Hosea 11:8).

            Tuhan adalah Allah kita dari dulu hingga saat ini, tidak ada allah lain. Dia tidak pernah berubah. Dia-lah Tuhan yang menjadi manusia datang ke dunia ini di dalam diri Yesus Kristus untuk menyelamatkan kita dari kuasa dosa dan kematian. Kalau saat ini kita mencoba mencari atau beralih ke allah lain, kita membuat harta, jabatan, kekuasaan dll menjadi allah bagi hidup kita. Inilah saatnya kita bertobat dan berbalik kepada Tuhan, Juruselamat kita. Jangan ada allah lain dalam hidup kita selain dari Tuhan yang kita kenal dan sembah di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.         

        

Doa :   Ya Tuhan, berilah kami kekuatan sehingga kami dapat mengalahkan keinginan-keinginan yang mendorong kami percaya  kepada allah lain. Berilah kami iman yang teguh untuk tetap percaya bahwa Engkau-lah Tuhan dan Juruselamat kami.  Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: