jump to navigation

Tuhan Penolong Kita Yang Tetap Terjaga Januari 5, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Senin 05 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Tuhan Penolong Kita Yang Tetap Terjaga

( Mazmur 121: 1 – 8 )

 

 

 

Mazmur 121 ini biasanya dinyanyikan setelah umat Israel selesai mengikuti ibadah hari raya. Ketika mereka hendak pulang dengan melayangkan matanya ke pegunungan dia bertanya: “dari mana datang pertolongan baginya”. Apakah yang dikhawatirkannya? Di pengunungan di sebelah timur dan selatan Yerusalem terdapat wilayah yang sunyi di mana binatang buas dan penyamun menantikan mangsanya. Artinya perjalanan mereka bisa saja timbul bahaya dan ancaman dan dalam bahaya yang akan timbul itu, dari manakah datang pertolongan? Jawaban untuk pertanyaan tersebut diberikan dalam bentuk pengakuan percaya: “pertolonganku ialah dari Tuhan yang menjadikan langit dan bumi”, itu artinya Tuhan sanggup menolong di mana saja, tidak ada wilayah yang terletak di luar jangkauan pertolonganNya dan pemerintahanNya. Juga tidak ada waktu yang terdapat di luar kewaspadaanNya. Kalau dewa-dewa kesuburan terlelap di musim rontok dan tidur di musim dingin dan penjaga-penjaga dunia ini juga mempunyai jam-jam istirahat, tidak demikian halnya dengan Tuhan. Ia senantiasa menjaga, seperti seorang gembala Dia menjaga umatNya, Dia tidak pernah terlelan sehingga baik siang maupun malam umatnya tidak akan mengalami kecelakaan. Penjagaan Tuhan tersebut berlangsung sejak umatNya keluar dari Bait Suci menuju tempat kediamannya sampai ia masuk kembali pada perayaan tahun berikutnya. Itu artinya sekarang sampai selama-lamanya.

Tuhan 2009 ini telah kita jalani selama lima hari. Kita melayangkan pandangan kesekeliling dan memandang ke depan, kita tidak tahu keadaan seperti apa yang akan kita hadapi. Kesulitan-kesulitan dan ancaman-ancaman apa yang akan timbul, tetapi kita tahu bahwa dalam perjalanan pasti ada saja yang harus kita pergumulkan. Papua di goncang gempa bumi, pemutusan hubungan kerja mengancam para karyawan pabrik karena krisis ekonomi global. Kita belum tahu arah politik Indonesia tahun 2009 ini yang akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presidean dan wakil presiden. Tentu hasil pesta demokrasi tersebut akan menentukan perjalanan bangsa ini ke depan dan semua itu bagi kita masih serba tanda tanya dan kalaupun ada pandangan-pandangan itu hanya sebatas prediksi.

Nas ini memberikan kepada kita kepastian bahwa Tuhan Penolong yang tetap terjaga yang menjaga kita disetiap waktu dan disetiap tempat asal kita percaya dan mengarahkan pandangan kita kepada-Nya. Dia yang akan menggembalakan kita. Memang, bukan berarti umatNya bebas dan tidak menghadapi pergumulan. Kita harus tahu bahwa hidup ini penuh dengan pergumulan namun kita tidak perlu takut dan kecil hati sebab kita memiliki Penolong yaitu Tuhan yang tetap terjaga dan tidak akan membiarkan kita mengalama kecelakaan baik di waktu siang maupun di waktu malam dan disegala tempat.

 

 

Doa:    Ya Tuhan, kami berserah hanya kepadaMu sebab kami yakin dan percaya hanya dari padaMulah pertolongan kami dan kami tidak akan goyah menghadapi pergumulan-pergumulan dalam dunia ini. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: