jump to navigation

Carilah Tuhan Supaya Hidup Januari 6, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Selasa 06 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Carilah Tuhan Supaya Hidup

(Amos 5: 4 – 9)

 

Apa yang dicari orang…Uang!! Apa yang dicari orang…Uang!! Apa yang dicari orang siang malam pagi petang…Uang…Uang…Uang!!! Uang…Uang…Uang!!! Apa yang dicari orang…Tuhan!!! Apa yang dicari orang…Tuhan!!! Apa yang dicari orang siang malam pagi petang. Tuhan…Tuhan…Tuhan!!! Tuhan…Tuhan…Tuhan!!!. Demikian nyanyian sekolah minggu yang pernah saya pelajari dan sering dinyanyikan pada waktu sekolah minggu. Salahkah mencari uang? Salahkah menjadi memiliki harta dan menjadi kaya? Tidak. Yang salah adalah ketika kita menempatkan mencari uang itu diatas segala-galanya bahkan menggantikan keinginan kita untuk mencari Tuhan dan melakukan kehendakNya. Memiliki harta dan menjadi kaya tentu tidaklah salah, tetapi hal tersebut menjadi salah ketika harta dan kekayaan menjadi allah di dalam hidup kita atau kita diperhamba oleh harta dan kekayaan. Yang membuat memiliki harta dan kekayaan menjadi salah adalah ketika untuk mendapatkannyan kita mengubah keadilan menjadi ipuh dan menghempaskan kebenaran ke tanah (ay.8).

Janganlah kamu mencari Betel, janganlah pergi ke Gilgal dan menyeberang ke Bersyeba; sebab semuanya itu akan hancur dan hilang. Hiduplah tetap mengandalkan dan berpengharapan hanya kepada Tuhan. Janganlah mengandalkan dunia ini dan kuasa-kuasa yang ada di dalamnya dengan mencari pertolongannya sebab semua itu akan berakhir; hanya Tuhan-lah yang kekal dan kuasaNya pun kekal sampai selama-lamanya. Jangan mengabaikan doa dan perenungan firman Tuhan di dalam setiap rencana dan pekerjaan yang kita lakukan, itulah tanda bahwa kita hanya mengandalkan Tuhan.

Apa yang kita cari? Carilah Tuhan supaya kita hidup. Yang dimaksud dengan mencari Tuhan adalah mendengar firmanNya dan melakukannya. Hidup di dalam pimpinan Tuhan sehingga kita membenci kejahatan dan mengasihi kebaikan.  Dengan mencari Tuhan setiap saat maka kita akan dilepaskan dari malapetaka dan kita akan menerima kasih karunia dan kasih sayangNya. Tuhan Yesus mengatakan: “Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”. Semuanya itu artinya kesehatan, keselamatan, kebutuhan hidup dan yang terutama kehidupan kekal; semuanya itu akan ditambahkan, akan dikaruniakan kepada orang-orang yang dengan sungguh-sungguh mencari Tuhan dan melakukan kehendak-Nya.

 

 

Doa:       Ya Tuhan, dengan kuat kuasa Roh KudusMu tuntun kami untuk senantiasa mencari Engkau dengan hidup hanya mengandalkan dan berpengharapan kepadaMu. Dan hidup kami adalah hidup untuk mencintai kebaikan dan membenci kejahatan. Pakailah hidup kami hanya untuk melakukan kehendakMu. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: