jump to navigation

Tinggikanlah Tuhan Dalam Hidupmu Januari 7, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Rabu 07 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Tinggikanlah Tuhan Dalam Hidupmu

(Mazmur 99: 1 – 9)

 

            Dalam Mazmur 99 ini kita menemukan tiga keberadaan Tuhan: 1) Tuhan, Raja yang besar (ay.1-3); yang bersemayam di atas kerub-kerub. Dia mahabesar di Sion dan tinggi luhur mengatasi segala bangsa 2) Tuhan, Pencinta Hukum (ay.4-5); sebagai Raja, Tuhan itu mencintai hukum dengan menegakkan kebenaran dan melakukan hukum dan keadilan; dan 3) Tuhan, Pendengar doa dan pewahyu (ay.6-9); Tuhan mendengar doa hamba-hambaNya Musa, Harun dan Samuel yang bertindak sebagai pengantara antara Tuhan dan Israel. Musa adalah wakil hukum, Harun wakil jabatan imamat dan Samuel wakil anugerah kenabian; tetapi dalam nas ini mereka dilihat sebagai orang yang menyerukan nama Tuhan atau yang berdoa bagi umat. Dengan dasar keberadaan Tuhan ini pe-mazmur mengajak untuk meninggikan Tuhan dengan menyanyikan syukur bagi Tuhan (ay.3), sujud menyembah dikakiNya (ay.5) dan hidup menurut firman-Nya.

            Tuhan tidak berhenti menyatakan kekudusanNya melalui orang-orang pilihanNya. Dahulu Dia berbicara  kepada  mereka dalam tiang awan, tetapi sekarang Dia berbicara kepada kita melalui Yesus Kristus, Yang Kudus dari Allah (Yoh.6:69). Dalam Kristus, Allah menyatakan kekudusan-Nya dan puncak penyataan itu adalah salib. Keberadaan Tuhan menjadi kekuatan bagi kita untuk menjalani hidup; sebagai Raja, Dia adalah Raja yang bijaksana memimpin kita umatNya, Dia mencintai hukum kebenaran dan keadilan yang akan dinyatakan dalam hidup kita dan Dia akan mendengar doa dan permohonan kita.

            Bagaimanakan kita meninggikan Tuhan dalam hidup kita? Hanya denga meneladi Yesus Kristus yaitu taat dan setia kepada Allah, kesukaan-Nya adalah melakukan kehendak Bapa-Nya; demikianlah kita dalam hidup kita di dunia ini memiliki ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan dan kesukaan kita adalah melakukan kehendak Tuhan.

 

 

Doa:       Ya Tuhan, kami tinggikan namaMu sebab Engkau adalah Raja di atas segala Raja yang mencintai hukum, keadilan dan kebenaran serta yang selalu mendengar doa dan permohonan kami. Dengan Roh KudusMu bentuk kami menjadi anak-anakMu yang setia. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: