jump to navigation

Hidup Berserah Kepada Tuhan Januari 8, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Kamis 08 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Hidup Berserah Kepada Tuhan

(Mazmur 37: 3 – 6)

 

Melalu Mazmur pasal 37 ini pe-mazmur ingin menolong kita menghadapi ketidakadilan, kejahatan yang terjadi di sekeliling kita bahkan mungkin kita mengalaminya sendiri. Pemazmur khawatir kita jatuh ke dalam pembalasan dengan menentang yang buruk dengan cara yang buruk pula (Mzm.37:1). Kita diperingatkan bahwa Tuhan akan bertindak pada waktu yang ditentukanNya sendiri, dimana orang-orang yang berbuat jahat akan lenyap (Mzm.37:2) dan orang jujur memiliki negeri (ay.3).

Dalam kehidupan kita saat ini, bisa saja kita jatuh ke dalam sikap yang membenci dan marah karena kita melihat kejahatan dan ketidakadilan sepertinya menang terhadap kebaikan dan kebenaran. Apa yang terjadi? Kebencian dan kemarahan kita tidak dapat merobah keadaan yang terjadi di sekitar kita; sebaliknya kita sendiri yang menjadi tidak bersemangat dan bergairah menjalani hidup dan melakukan aktivitas kita dan mungkin saja kita menjadi manusia yang apatis.

Nas ini mengingatkan kita bagaimana sebaiknya kita bersikap menghadapi keadaan demikian. Kita diingatkan untuk tidak marah, benci dan iri hati tetapi hiduplah berserah dan percaya kepada Tuhan.  Tetaplah melakukan yang baik dan berlaku setia dimana pun kita berada. Dengan hidup berserah, percaya kepada Tuhan sembari kita hidup dalam perbuatan baik dan berlaku setia kita dapat bergembira karena Tuhan yang menjamin kehidupan kita dengan memberikan apa yang menjadi doa, permohonan dan harapan kita. Hiduplah berserah kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya dan Dia akan bertindak. (Berserah kepada Yesus tubuh roh dan jiwaku kukasihi kupercaya kuikuti Dia t’rus. Aku berserah, aku berserah kepadaMu Jusus’lamat aku berserah; KJ.No. 364).

 

Doa:    Bapak kami di dalam sorga. Ampuni kami apabila kami sering takut, marah, benci dan iri hati melihat yang terjadi disekeliling kami. Tuntun kami dengan Roh KudusMu supaya kami berserah dan percaya kepadaMu, supaya kami senantiasa berbuat kebaikan dan setia hanya kepadaMu. Dengarlah doa dan permohonan kami ini hanya di dalam nama AnakMu Tuhan Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Komentar»

1. RonFre - Maret 6, 2009

Kadang melihat hidup ini memang terasa berat bila kita menangung sendiri…Tapi ketika kita bersikap berserahpun kepada Tuhan, hati kita merasa khuwatir akan apa yang kita harapkan sesuatu yang terbaik dalam hidup kita, tp dengan firman Tuhan diatas, saya diingatkan bahwa Tuhan akan bertindak yang terbaik buat kita. Tuhan Yesus biarlah seluruh hidupku kuserahkan pada-Mu, aku percaya kepada rancang-Mu. Thanks Jesus. You are my Lord


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: