jump to navigation

Tuhan Setia Dan Adil Januari 9, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Jumat 09 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Tuhan Setia Dan Adil

(Mazmur 145: 14 – 18)

 

            Mazmur 145 berisikan mazmur puji-pujian karena kemurahan Tuhan. Pemazmur dengan semangat yang meluap-luap menyapa dan memuji Tuhan serta menyatakan harapannya agar Tuhan dipuji oleh setiap generasi (Mzm.145:4). Memuji Tuhan berarti memberitakan, membicarakan, menyanyikan, memaklumkan, menceritakan dan memasyhurkan pekerjaan-pekerjaan Tuhan yang mulia, agung, semarak, ajaib, kuat, dahsyat, baik dan adil (Mzm.145:4-7). Tuhan itu setia dan adil yang memelihara kehidupan umatNya. Dalam nas Mzm.145:14 – 18 ini pemazmur mendaftarkan kesetiaan dan keadilan Tuhan: a) Tuhan penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak orang yang tertunduk; b) Tuhan memberi makanan pada waktunya kepada mereka yang menantikan Dia; c) Tuhan membuka tanganNya mengenyangkan segala yang hidup; d) Tuhan dekat kepada orang yang berseru kepadaNya dalam kesetiaan.

            Dalam kehidupan kita saat ini,  setiap hari kita diperhadapkan dengan berbagai macam pergumulan dan penderitaan yang luar biasa karena ketidakadilan, kelaliman, kekerasan, penindasan; belum lagi krisis ekonomi/keuangan yang melanda dunia saat ini. Dalam situasi yang demikian kesetiaan dan keadilan Tuhan akan menyertai dan memelihara kehidupan kita sepanjang kita menanti-nantikan Dia dan berseru kepada-Nya di dalam kesetiaan.    

            Menjadi pertanyaan bagi kita saat ini adalah: apakah kita senantiasa dekat dengan Tuhan? Apakah kita menanti-nantikan Dia? Dan apakah kita berseru kepada-Nya dalam kesetiaan? Sebab banyak orang yang kalah oleh penderitaan dan pergumulan, kalah oleh godaan-godaan duniawi; dia merasa bahwa hidupnya tidak lagi di dalam kesetiaan dan keadilan Tuhan; dia merasa bahwa Tuhan tidak hadir lagi dalam kehidupannya. Akhirnya, mencari andalan lain dan memilih jalan alternatif untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan dan pergumulan yang dihadapi. Oleh sebab itu, kita harus memahami bahwa jalan dan pekerjaan Tuhan tidak dapat kita pahami dan kita mengerti, segala jalan dan pekerjaan Tuhan hanya dapat kita terima dengan iman. Kita juga harus yakin dan percaya bahwa jalan dan pekerjaan Tuhan akan menyelamatkan, menopang dan membuka jalan dalam setiap pergumulan yang kita hadapi. Tuhan itu setia dan adil pujilah Dia dan beritakan kedahsyatan perbuatan-Nya.

 

Doa:       Bapa kami di dalam sorga. Tuhan yang setia dan adil. Kami memuji dan memuliakan Engkau yang senantiasa menopang dan membuka jalan bagi kami dalam setiap permasalahan hidup yang kami hadapi. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: