jump to navigation

Tuhan Penopang Dalam Hidup Kita Januari 10, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Sabtu 10 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Tuhan Penopang Dalam Hidup Kita

(Mazmur 66: 1 – 4)

 

Ketika seseorang bersukacita bahkan sampai bersorak-sorai tentu ada alasannya. Kalau tidak seseorang itu bisa dicurigai sedang mengalami stress berat atau ganguan jiwa. Dalam nas ini pe-mazmur mengajar seluruh bumi untuk bersorak-sorai bagi Allah, mengajak seluruh bumi menyembah dan bermazmur kepada-Nya. Apa yang menjadi alasan atau dasar ajakan pe-mazmur ini? Dalam ayat 3 disebutkan bahwa pekerjaan Allah itu dahsyat dank arena kekuatan yang dimiliki Allah seluruh musuhNya tunduk menjilat kepada-Nya. Salah satu kedahsyatan yang disaksikan oleh pe-mazmur dapat kita baca dalam Mazmur 66 ayat 6 di sana disebutkan oleh pe-mazmur bahwa Allah mengubah laut menjadi tanah kering dan orang-orang berjalan kaki menyeberangi sungai (pengalaman bangsa Israel melewati Luat Tiberau dan selamat dari kejaran Firaun dan tentaranya).

Dalam kehidupan kita saat ini kedahsyatan perbuatan Allah itu tetap berlangsung untuk memelihara dan menyelamatkan orang-orang yang percaya kepadaNya dari kecelakaan-kecelakaan yang mengancam. Jadi, kita tidak perlu takut menjalani hidup kita di dunia ini meskipun kita menghadapi berbagai macam pergumulan dan penderitaan. Musuh-musuh kita yaitu si Iblis, kuasa-kuasa duniawi, orang-orang yang membeci kita tidak berkuasa lagi di dalam hidup kita, tidak membuat kita menjadi takut sebab Allah telah menaklukkan mereka semua. Si Iblis dan kroni-kroninya tetap mencobai kita, menghalang-halangi iman kita untuk bertumbuh tetapi kita tidak akan kalah sebaliknya kita berkuasa mengalahkannya karena bersama-sama dengan Allah, Allah kita dahsyat.

Yang sangat penting untuk kita lakukan saat ini adalah memazmurkan kemuliaan nama-Nya dan memuliakan Dia dengan puji-pujian. Hal tersebut kita lakukan di dalam seluruh aktivitas hidup kita dimana apa pun yang kita lakukan di dalam perkataan dan perbuatan semuanya itu adalah untuk memuliakan nama Tuhan. Kita tidak takut dan khawatir lagi sebaliknya kita menjadi orang-orang yang memberikan pengharapan kepada orang yang putus asa, kita membawa penghiburan kepada yang berduka, membawa perdamaian kepada orang-orang yang berselisih, membawa pengampunan kepada orang-orang yang saling membenci, dan mau berbagi berkat kepada orang-orang yang kekurangan. Intinya adalah melalui kehidupan kita, apa yang kita katakan dan lakukan setiap orang akan tahu bahwa Allah kita dahsyat. Melalui semua yang kita lakukan orang lain mempunyai alasan untuk bersukacita dan bersorak-sorai memuji dan memuliakan Allah di dalam hidupnya.

 

Doa:    Ya Tuhan, kamu mengaku bahwa Engkau adalah Allah kami yang dahsyat yang memimpin dan memelihara kehidupan kami. Kami mazmurkan kemuliaan dan kamu puji segala perbuatanMu dalam hidup kami. Jadikanlah kami menjadi orang-orang yang memberitakan ke-dahsyatanMu kepada setiap orang melalui perkataan dan perbuatan kami sehingga orang lain juga mengenal bahwa Engkau adalah Allah yang dahsyat. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: