jump to navigation

Beritakanlah Kebesaran Perbuatan Tuhan Januari 12, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Senin 12 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Beritakanlah Kebesaran Perbuatan Tuhan 

(Yesaya 12: 4 – 6)

 

“Pada waktu itu” demikianlah kata pembukaan dari nas ini. Kapankah waktu yang dimaksud dalam nubuatan Yesaya ini? Waktu yang dimaksud adalah pada saat pemerintahan universal Mesias dimulai, bahkan kini orang-orang percaya sudah harus berdoa untuk dan menantikan di dalam iman dan pengharapan kedatangan kembali Tuhan dan didirikannya pemerintahan kekal-Nya yang benar. Ketika hari itu / waktu itu tiba orang-orang percaya akan menyanyikan nyanyian pujian dalam Yesaya 12 ini.

Namun pujian ini sudah harus dimulai orang-orang percaya sejak saat ini, disaat menantikan kedatangan Tuhan Yesus keduakalinya.  Nyanyian pujian yang berisikan: ucapan syukur kepada Tuhan, memasyhurkan namaNya dan  memperkenalkan namaNya di antara bangsa-bangsa sebab sungguh besar dan ajaib perbuatan-perbuatanNya. Kebesaran dan keajaiban perbuatan Tuhan adalah ketika Dia yang adalah Allah Yang Mahatinggi (transendenta) mau berdiam di tengah-tengah umat manusia (immanen ; Immanuel).

Memuji dan memberitakan kebesaran dan keajaiban perbuatan-perbuatan Tuhan inilah yang menjadi tugas dan panggilan semua orang percaya; memberitakan Kabar Kesukaan ke seluruh muka bumi kepada segala bangsa (Matius 28:19). Hal tersebut dilakukan melalui persekutuan (koinonia)  yang akrab dan saling mengasihi, saling menerima dengan sesama manusia; pemberitaan firman (marturia) mengenai kerajaan Allah yang sudah semakin dekat sehingga setiap orang bertobat dan menerima Kristus sebagai Juruselamat dalam hidupnya; dan pelayanan sosial (diakonia) yang peduli kepada orang-orang miskin, orang yang lemah, tertindas, dianiaya karena kebenaran, orang-orang yang dipenjarakan, kepada yatim piatu dan janda-janda, kepada orang-orang marginal dll. Inti dari ketiga tugas tersebut adalah memberitakan kebesaran dan keajaiban perbuatan-perbuatan Tuhan, supaya setiap orang tahu bahwa Allah yang Mahatinggi telah berdiam ditengah-tengah umat manusia dan dengan pengetahuan akan Allah yang ber-immanuel setiap orang menjalani hidupnya di tengah-tengah dunia ini. Setiap orang dikuatkan ketika menghadapi pergumulan-pergumulan hidup dan setiap orang diperlengkapi untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik.

 

Doa:    Bapa kami di dalam sorga, Allah yang Mahatinggi. Kami puji dan muliakan namaMu karena Engkau mau datang ke tengah-tengah kami manusia berdosa ini. Pakailah hidup kami untuk memberitakan kebesaran dan keajaiban perbuatan-perbuatanMu melalui perkataan dan perbuatan kami. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: