jump to navigation

Tuhan Maha Tahu Dan Maha Hadir Januari 13, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Selasa 13 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Tuhan Yang Maha Tahu Dan Maha Hadir

(Mazmur 139: 1 – 12)

 

Mazmur 139 ini adalah suatu pengakuan iman akan Tuhan bahwa Dia adalah Tuhan yang maha tahu dan maha hadir. Tuhan tahu secara pasti apa saja yang diperbuat oleh manusia itu, baik pada saat kita duduk atau berdiri, berjalan atau berbaring. Tuhan mengetahui sedalam-dalamnya dan sebenar-benarnya apa saja yang diperbuat oleh manusia itu,  yang baik maupun yang jahat. Karena itu orang yang melakukan kejahatan dan dapat menyembunyikan kejahatannya dari manusia di hadapan Tuhan tidak ada yang tersembunyi. Para koruptor yang hidupnya tenang dan senang karena bebas dari jeratan hukum dunia ini, mereka tidak akan lepas dari hukuman Tuhan yang maha tahu.  

Yang lebih penting untuk kita ketahui tentang kemaha tahuan Tuhan adalah bahwa Dia mengenal umatNya dan pengenalan tersebut bukanlah sesuatu yang abstrak tetapi nyata dalam pengalaman hidup dimana kita dilindungi, disentuh, dijumpai dan dituntun kepada jalan kehidupan. Kemahatahuan dan pengenalan Tuhan adalah pengetahuan yang membimbing dan menjaga kehidupan kita.

Tuhan yang mengetahui segala perbuatan manusia adalah Tuhan yang ada dan hadir di segala tempat (ay.7-10) dan waktu (ay.11-12). Dengan kemahadiran Tuhan, tidak seorang pun yang dapat lari dari hadapan-Nya. Sejauh manapun manusia itu pergi, apakah itu sampai ke langit yang tertinggi atau sampai ke dunia orang mati yang paling bawah, disana kita selalu berjumpa dengan Tuhan. Bahkan ketika kegelapan melingkupi kita, kegelapan tersebut tidak dapat menggelapkan bagi Tuhan dan malam menjadi terang seperti pada siang hari.

Dengan mengetahui kemahahadiran Tuhan dan kita tidak dapat bersembunyi dari hadapan-Nya marilah kita umatNya hidup sesuai kehendakNya. Dan kita tidak perlu takut dan khawatir tentang apa pun juga sebab kita tidak pernah berjalan sendirian dalam menjalani kehidupan kita; Dia selalu hadir dan bersama-sama dengan kita. Tuhan mahatahu dan mahahadir Tuhan akan selalu menuntun kita di jalan yang benar, asal kita percaya dan mau berserah hanyan kepada-Nya.

 

 

Doa:    Ya Tuhan, Allah yang maha tahu dan maha hadir. Tuntun kami di dalam kehidupan kami di dunia ini, tunjukkan jalan yang harus kami jalani, cukupkan kami akan apa yang kami perlukan serta ajarlah kami untuk selalu hidup dan melakukan kehendakMu. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: