jump to navigation

Waspada Terhadap Nabi Palsu Januari 16, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Jumat 16 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Waspada Terhadap Nabi Palsu

(Yeremia 23: 21 – 24)

 

            Pada zaman Yeremia di tengah-tengah umat Israel terdapat nabi-nabi palsu yang tidak memberitakan firman Tuhan. Mereka menguatkan hati orang yang berbuat jahat sehingga tidak ada yang bertobat, yang mengatakan kepada orang yang menista firman Tuhan: “kamu akan selamat”; dan kepada orang yang mengikuti hawa nafsunya: “malapetaka tidak akan menimpa kamu”. Mereka bukanlah utusan Tuhan oleh sebab itu pemberitaan mereka jugalah berita palsu. Nabi yang benar dan utusan Tuhan adalah yang pemberitaannya membawa seseorang kepada pertobatan dengan meninggalkan tingkah langkahnya yang jahat dan kembali ke jalan yang benar, jalan yang dikehendaki Tuhan.

            Mungkinkah di zaman sekarang ini masih ada nabi-nabi palsu yang demikian? Yang memberitakan firman Tuhan tidak benar sehingga tidak terjadi pertobatan. Kalau kita melihat apa yang terjadi saat ini ada kemungkinan ada di tengah-tengah kita nabi yang demikian. Sebab gejala yang terjadi saat ini adalah manusia semakin tidak takut kepada Tuhan yang berkuasa memberi berkat dan berkuasa juga untuk menghukum. Manusia lebih takut terhadap hukuman yang dibuat oleh manusia dari pada hukuman yang akan dilakukan oleh Tuhan; manusia lebih takut memberi pertanggungjawaban kepada manusia dari pada memberi pertanggungjawaban kepada Tuhan pada hari penghakiman kelak. Karena manusia lebih takut akan hukuman yang dibuat oleh manusia dan memberi pertanggungjawaban terhadap manusia maka manusia itu sering menyembunyikan kejahatan dan pelanggarannya bahkan berusaha untuk memanipulasi segala sesuatu untuk membebaskan dirinya dari tuntutan dan tanggungjawab terhadap hukum dan manusia.

            Karena itu waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang pemberitaannya hanya meninabobokan pendengar, pemberitaannya hanya untuk memuaskan telinga pendengar saja. Tidak terdengar lagi pemberitaan yang memberitakan bahwa Tuhan itu murka terhadap segala bentuk kejahatan, bahwa Tuhan itu tidak akan melepaskan orang-orang jahat dari hukuman?

            Nas ini juga mengingatkan kita bahwa Tuhan itu tidak hanya Tuhan dari dekat saja tetapi Tuhan yang dari jauh juga. Tuhan yang dari dekat artinya Tuhan yang hanya tahu sesuatu yang terjadi dari dekat saja, Tuhan yang dibatasi ruang dan waktu sehingga seseorang dapat bersembunyi dan menyembunyikan perbuatannya dari hadapan Tuhan. Tuhan itu adalah Tuhan yang dari jauh juga, Tuhan yang tidak dibatasi ruang dan waktu, segala sesuatu tidak ada yang tersembunyi bagi Dia dan tidak sesuatu pun yang dapat kita sembunyikan dari hadapan-Nya Dia adalah Tuhan yang maha tahu.

            Dengan mengetahui sifat yang dimiliki Tuhan yaitu maha tahu seharus kita harus lebih takut kepada-Nya dan kita hati-hati di dalam melakukan segala sesuatu. Kita harus takut berbuat jahat, melakukan tindakan yang merugikan orang lain, mengambil yang bukan hak kita; sebaliknya kita semakin giat melakukan yang baik dan yang berkenan dihadapan-Nya.

 

Doa:    Ya Bapa kami di dalam sorga. Ingatkan kami bahwa Engkau adalah Tuhan yang dekat dan Tuhan yang jauh dan dihadapanMu tidak ada yang tersembunyi. Sehingga kami takut untuk melakukan yang tidak sesuai dengan kehendakMu. Ingatkan kami bahwa Engkau adalah Tuhan sumber segala berkat tetapi Engkau juga adalah Tuhan yang murka terhadap segala orang-orang yang berbuat jahat supaya kami hidup di jalan yang Engkau tunjukkan. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: