jump to navigation

Allah Menyatakan DiriNya Untuk Membebaskan Januari 24, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Jumat 23 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Allah Menyatakan DiriNya

Untuk Membebaskan

(Keluaran 3: 1 – 9)

 

            Allah menampakkan diri-Nya kepada Musa di Gunung Horeb melalui nyala api yang keluar dari semak duri tetapi semak duri tersebut tidak terbakar. Kejadian tersebut bagi Musa adalah sesuati keajaiban, merupakan penglihatan yang hebat, dan dia ingin tahu mengapa semak duri tersebut tidak terbakar. Kemungkinan karena penglihatan tersebut sangat hebat membuat Musa sangat berhati-hati mendekat bahkan karena dia menganggap tempat tersebut adalah tempat yang tidak sembarangan dia menyimpang untuk memeriksanya. Allah tidak membiarkan Musa di dalam ketidaktahuan akan kejadian tersebut, Dia berseru dari semak duri: “Musa, Musa”. Dan Musa menjawab: “Ya, Allah”. Selanjutnya Musa diperintahkan untuk membuka kasutnya dari kakinya, sebab tempat dimana Musa berdiri adalah tanah yang kudus”. Allah menyampaikan kepada Musa bahwa Dia telah memperhatikan dengan sungguh penderitaan umat Israel dan telah mendengar seruan mereka. Tujuan kedatanganNya juga disampaikan kepada Musa yaitu membebaskan umat-Nya; Dia akan menuntun mereka keluar dari perbudakan dan akan membawa mereka ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya yaitu tanah Kanaan. Berita kebebasan itulah yang harus diberitahukan Musa kepada umat yang menderita karena perbudakan.

            Ketengah-tengah dunia yang penuh dengan dosa ini Allah telah menyatakan diriNya melalui AnakNya Yesus Kristus. Allah memperhatikan dengan sungguh-sungguh penderitaan dunia dan segala isinya dan di dorong kasihNya Dia mengutus AnakNya yang tunggal, Yesus Kristus untuk membebaskan dunia dan umat manusia dari penderitaannya. Membebaskan manusia dari berbagai bentuk penindasan dan perbudakan, terlebih dari perbudakan dosa. Kepada dunia ini Yesus Kristus memberitakan tentang Kerajaan Allah, keselamatan dan kehidupan yang kekal bagi orang-orang yang percaya kepada-Nya.  

            Saat ini adalah menjadi tugas dan tanggung jawab orang-orang percaya untuk membuat jawaban Tuhan atas seruan orang-orang yang menderita menjadi nyata. Kita diutus ke tengah-tengah dunia ini  untuk memberitahukan berita pembebasan dan keselamatan tersebut kepada segala mahkluk. Orang-orang percaya tidak boleh menutup mata melihat penderitaan orang-orang yang mengalami penindasan dan perbudakan dari orang-orang atau kelompok tertentu, penderitaan orang miskin, orang-orang yang dipenjara, orang-orang yang buta, bahkan orang yang hidupnya diperbudak oleh dosa.  Orang-orang percaya harus menjadi agen-agen pembebasan. Kitalah telinga Tuhan untuk yang mendengarkan seruan mereka, kitalah mata Tuhan untuk melihat penderitaan mereka, kitalah mulut Tuhan untuk menyuarakan penghiburan, kitalah tangan Tuhan untuk membantu mereka berdiri, kitalah kaki Tuhan untuk mengunjungi mereka; seluruh kehidupan kita adalah alat Tuhan untuk mewujudkan jawaban-Nya terhadap seruan orang-orang menderita.     

 

 

Doa:    Terpujilah Engkau, Ya Allah Bapa kami di dalam sorga. Yang telah menyatakan diriMu di dalam AnakMu Tuhan Yesus Kristus untuk membebaskan dan menyelamatkan kami manusia berdosa. Pakailah hidup kami menjadi alat di tanganMu untuk memberitakan dan mewartakan kebebasan dan keselamatan yang daripadaMu kepada segala mahkluk supaya nama Tuhan dipermuliakan. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: