jump to navigation

Tuhan Mengeraskan Hati Seseorang Untuk Menunjukkan Kuasa-Nya Januari 24, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Sabtu 24 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Tuhan Mengeraskan Hati Seseorang

Untuk Menunjukkan Kuasa-Nya

(Keluaran 7: 1 – 7)

 

             Musa diutus Tuhan bersama dengan saudaranya Harun untuk menyampaikan apa yang difirmankan Tuhan mengenai kebebasan umat Israel dari Mesir. Namun, Tuhan berfirman bahwa Dia akan mengeraskan hati Firaun artinya membuat Firaun tidak membiarkan umat Israel keluar dari negerinya. Mungkin kita bertanya: Kenapa Tuhan mengeraskan hati Firaun? Kalau kita membaca nas ini dijelaskan apa yang menjadi tujuan Tuhan mengeraskan hati Firaun. Tuhan mau memperbanyak tanda-tanda mujizar di tanah Mesir, Tuhan hendak mendatangkan hukuman-hukuman yang berat kepada Firaun dan Mesir. Untuk apa Tuhan melakukannya? Supaya Firaun dan orang Mesir tahu bahwa Dialah Tuhan yang mengacungkan tangan-Nya kepada orang Mesir dan membawa Israel keluar dari Mesir.

            Dalam kehidupan kita saat ini juga mungkin kita bertanya: Kenapa orang-orang yang membenci pengikut Kristus tidak pernah  berobah malah kebencian mereka semakin hebat? Kenapa kadang-kadang seseorang itu susah untuk bertobat dan berbalik kepada Tuhan? Apakah Tuhan tidak berkuasa melakukannya? Tuhan berkuasa membuat seseorang itu berobah dan bertobat tetapi sama seperti dalam nas ini Tuhan juga berkuasa untuk mengeraskan hari seseorang itu. Ketika itulah Tuhan akan menunjukkan kuasa-Nya, mujizat-mujizat-Nya bahkan hukuman-hukuman yang berat yang pada akhirnya seseorang itu akan memilih untuk berobah dan bertobat serta percaya kepada Tuhan dari pada hidup menentang dan tidak melakukan kehendak-Nya.

            Yang harus kita yakini adalah selama kita tetap percaya kepada Tuhan maka Dia akan berperang untuk menyelamatkan kita (Keluaran 14:14). Kita tidak akan dibiarkan celaka dan binasa oleh dunia ini dan oleh perbuatan dari orang-orang yang membenci kita. Hanya kita harus mau seperti Musa dan Harun yang berani menyatakan suara Tuhan kepada siapa pun dan dalam keadaan apa pun.

 

Doa:    Kami puji dan muliakan namaMu, ya Allah Bapa kami di dalam sorga. Karena kami sungguh-sungguh merasakan penyertaan dan pemeliharaanMu dalam kehidupan kami. Berikan kepada kami hati yang teguh dan keberanian untuk mengatakan kebenaran firmanMu di dalam kehidupan kami di dunia ini. Dan teguhkan iman percaya kami bahwa kuasaMu akan membuat orang-orang yang menentangMu bertekuk lutut kepadaMu. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: