jump to navigation

Mendengar Dan Mengucapkan Firman Yang Berasal Dari Tuhan Januari 26, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Malam Senin 26 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Mendengar dan Mengucapkan Firman

Yang Berasal Dari Tuhan  

(Ulangan 18: 18 – 22)

 

“Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi namaKu, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban” (ay.19)

 

Kitab Ulangan berisikan pidato perpisahan dari Musa sebelum bangsa Israel memasuki tanah perjanjian, tanah Kanaan. Selain sebagai tanda perpisahan dalam pidatonya tersebut Musa juga memperlengkapi bangsa Israel mengenai tantangan-tantangan yang akan dihadapi di Kanaan dan bagaimana mereka menghadapi tantangan tersebut. Salah satu yang harus mereka waspadai adalah di Kanaan itu terdapat kepercayaan-kepercayaan yang melakukan kekejian dengan mempersembahkan anaknya menjadi korban dalam api; orang-orang Kanaan juga mempercayai penenung, peramal dan arwah-arwah  dan orang Kanaan melakukan praktek meminta petunjuk kepada orang-orang mati. Kehidupan yang demikian yang harus diwaspadai bangsa Israel nantinya di Kanaan sebab jika umat-Nya melakukan hidup demikian maka perbuatan tersebut adalah adalah kekejian bagi Tuhan sebab Tuhan berfirman: “Jangan ada padamu allah lain dihadapan-Ku”. Musa mengingatkan bangsa Israel supaya mereka hidup tidak bercela di hadapan Tuhan ketika mereka telah tinggal menetap di tanah perjanjian tersebut. Untuk menjaga kemurnian iman umat-Nya dari kepercayaan yang dianut orang Kanaan, Tuhan menjanjikan akan membangkitkan seorang nabi dimana Tuhan akan menaruh firman-Nya di dalam mulut nabi tersebut dan segala sesuatu yang disampaikannnya adalah segala yang diperintahkan oleh Tuhan.

Dalam nas ini Tuhan menyoroti dua hal yaitu mengenai yang mendengar dan mengucapkan: 1) orang yang tidak mendengarkan segala firman Tuhan yang diberitakan dan diucapkan nabi demi nama Tuhan kepadanya akan dituntut pertanggungjawaban ; sebaliknya 2) seorang nabi yang terlalu berani mengucapkan sesuatu demi nama Tuhan padahal tidak diperintahkanNya atau seorang nabi yang berkata demi nama allah lain, nabi yang demikian harus mati. Bagaimana kita mengetahui kalau yang difirmankan itu tidak berasal dari Tuhan atau yang dikatakan itu demi nama allah lain? Apabila seorang nabi berkata demi nama Tuhan tetapi perkataannya tidak terjadi itulah perkataan yang tidak difirman Tuhan.

Dalam kehidupan kita di dunia tantangan yang kita hadapi adalah godaan-godaan dunia ini yang ingin  menempatkan dirinya menjadi allah di dalam kehidupan kita dengan segala kenikmatan yang ditawarkannya. Bahkan godaan tersebut yang berkedok atas nama Tuhan (ingat si iblis yang mencobai Tuhan Yesus di padang gurun). Nas ini mengingatkan kita untuk menjadi pendengar firman yang berasal dari Tuhan. Firman yang dapat membuat kita menjadi manusia yang lebih baik; firman yang membuat kita menjadi orang yang setia dan teguh kepada Tuhan dan tidak ada allah lain di dalam hidup kita; firman yang dapat menuntun kita kepada pertobatan dengan meninggalkan segala yang jahat dan mencintai segala yang berkenan di hadapan Tuhan. Nas ini juga mengingatkan kita untuk mengucapkan atau memberitakan firman Tuhan dengan benar dan sesuai kehendak Tuhan dan untuk kemuliaan nama-Nya.

 

 

Doa:       Bapa di dalam sorga yang kami sembah di dalam nama AnakMu, Tuhan Yesus Kristus. Tuntun kami di dunia ini untuk menjadi orang yang mau mendengar dan melakukan firmanMu. Luputkan kami dari orang-orang yang memperdengarkan firman yang tidak berasal dari Engkau supaya kami senantiasa hidup di dalam kebenaran firman-Mu. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: