jump to navigation

Hidup Untuk Melayani Tuhan Februari 9, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Malam Senin 09 Pebruari  2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Hidup Untuk Melayani Tuhan

(Mazmur 119: 89 – 91)

 

“Menurut hukum-hukum-Mu semuanya itu ada sekarang, sebab segala sesuatu melayani Engkau.” (ay.91)

 

 

  Pe-Mazmur dalam nas ini mengaku firman Tuhan itu tetap teguh untuk selama-lamanya yaitu perkataan dan tindakanNya. Demikian juga kesetiaan Tuhan dipuji pe-mazmur bahwa kesetiaan Tuhan itu berlangsung dari keturunan ke keturunan, dan kesetiaan Tuhan tersebutlah yang menegakkan bumi sehingga tetap ada sampai saat ini. Menurut keputusan Tuhan atau menurut hukum-hukumNya semua yang ada sekarang dituntut untuk mengabdi dan melayani Dia dengan melakukan apa yang dikehendakiNya.

Dari pengakuan pe-mazmur ini kita melihat ada tiga hal yang dipujinya dari keberadaan Tuhan, yaitu: Firman-Nya, kesetiaan-Nya dan hukum-hukum-Nya. Ketiga hal ini juga yang hendaknya kita puji sebab ketiga hal tersebut yaitu firman, kesetiaan dan hukum Tuhan yang menuntun kita  dalam menjalani kehidupan kita di tengah-tengah dunia ini;

  • Firman Tuhan menjadi pelita dan terang dalam setiap langkah dan perjalanan kita;
  • kesetiaan Tuhan memimpin kita, menghibur dikala kita berduka dan menguatkan dikala kita  menghadapi pergumulan-pergumulan hidup, bahkan ketika kita menyimpang dari jalanNya, kesetiaan Tuhan tetap menantikan kita untuk bertobat dan kembali kepadaNya;
  •  hukum-hukum Tuhan menjadi pagar dan cermin bagi kehidupan kita sehingga kita tahu apa yang benar dan berkenan di hadapan Tuhan dan  apa yang tidak dikehendakiNya.

 

Dengan memahami dan mengenal Tuhan yang berkarya dalam hidup kita, maka kita akan mengetahui dan memahami apa tujuan kita diciptakan dan ditempatkan di tengah-tengah dunia ini yaitu untuk memuliakan Dia, untuk melayani Dia di dalam perkataan dan perbuatan kita. Artinya hidup yang kita hidupi saat ini adalah hidup untuk melayani Tuhan. Apapun yang kita lakukan dan aktivitas kita hendaknya itu adalah dalam rangka menunjukkan pelayanan atau ibadah kita kepada Tuhan. Rasul Paulus mengatakan: “dan apa saja yang kamu lakukan di dalam perbuatan dan perkataan lakukanlah itu seperti kepada Tuhan bukan seperti kepada manusia”.

 

 

Doa:    Kami puji dan muliakan namaMu, ya Allah kami di dalam sorga. Karena firmanMu, kesetiaanMu dan hukumMu menjadi penuntuk dan kekuatan bagi kami dalam menjalani hidup di dunia ini. Kami memohon pakailah hidup kami dan semua yang kami lakukan hanya untuk melayani Engkau. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: