jump to navigation

Pilihlah. Kehidupan Atau Kematian Februari 10, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Malam Selasa 10 Januari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Pilihlah. Kehidupan Atau Kematian

( Ulangan 30: 15 – 20 )

 

“Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan, karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya” (ay.15+16)

 

            Sebelum Israel memasuki tanah Perjanjian, tanah Kanaan, Musa mengumpulkan umat Israel untuk membekali mereka memasuki tanah Kanaan. Ditengah-tengah umat Israel, Musa berpidato dengan mengulang kembali perjalanan yang telah mereka lewati dimana kuasa Tuhanlah yang memimpin mereka; Musa juga mengingatkan mereka apa saja yang akan mereka temui di Kanaan, disana terdapat kemakmuran dan kekayaan yang berlimpat, tetapi mereka juga harus waspada terhadap kepercayaan yang dianut bangsa-bangsa disekitar Kanaan supaya mereka tidak terpengaruh dan meninggalkan Allah yang telah menunjukkan kuasa dan hukum untuk membawa mereka keluar dari perhambaan Mesir.

            Dalam nas ini, Musa menghadapkan kepada umat Israel kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan. Dengan jelas disebutkan bahwa hanya dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan, berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturanNya umat Israel akan memperoleh kehidupan dan keberuntungan. Sebaliknya ketika mereka memilih untuk berpaling dari Tuhan dan menyembah kepada allah lain mereka akan mengalami kematian dan kecelakaan.

            Dengan nas ini kepada kita hendak diingatkan bahwa hidup jauh dari Tuhan, bahkan memilih allah lain, misalnya: kita memper-illah jabatan, kedudukan, harta, kekayaan, ilmu pengetahuan dll; kita akan mengalami kematian dan kecelakaan. Hidup jauh dari Tuhan akan membuat kita menjadi manusia yang tidak tahan terhadap cobaan-cobaan si Iblis yang seperti singa yang mengaum mencari orang-orang yang dapat dimangsanya.

            Dengan hidup di jalan yang ditunjukkan Tuhan, hidup menurut aturan dan ketetapanNya maka kita akan selamat meskipun banyak cobaan-cobaan yang kita hadapi, kita akan memperoleh kehidupan dan keberuntungan artinya hidup kita diberkati kemana pun kita pergi.

            Saat ini kepada kita diperhadapkan apa yang kita pilih: Kehidupan dan keberuntungan atau kematian dan kecelakaan? Hal itulah yang ditawarkan Tuhan kepada umat manusia yang berdosa di dalam Diri Yesus Kristus yang datang ke tengah-tengah dunia ini. Yesus datang dengan Injil (berita sukacita) yaitu supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Apa yang kita pilih? Hanya dengan mengasihi Tuhan Allah, mendengarkan suaraNya dan melakukannya dalam kehidupan kita; serta hidup sesuai dengan jalan yang ditunjukkanNya maka kita akan hidup dalam kehidupan kita di dunia saat ini dan dalam kehidupan yang kekal. Waspada dan tetaplah kita berdoa sebab setiap hari dalam dunia ini kita selalu diperhadapkan kepada pilihan tetap di dalam Tuhan atau berpaling dari Tuhan. Bersama dengan Tuhan kita akan dapat melewatinya dengan tetap setia sampai akhir kepada Dia sumber kehidupan dan berkat.

 

 

Doa:       Ya Tuhan, ajarlah untuk senantiasa memilih kehidupan dan keberuntungan yang Engkau tawarkan dengan hidup menurut kehendakMu dan di jalan yang Engkau tunjukkan. Kalau saat ini kami masih memilih kematian dan kecelakaan dengan hidup di dalam dosa, ampuni kami, dan karuniakan Roh Kudus untuk mengingatkan dan menuntun kami ke dalam pertobatan dan kembali kepada kehendakMu. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: