jump to navigation

Tuhan Penyayang Dan Pengasih Februari 12, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Malam Rabu 11 Pebruari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Tuhan Penyayang Dan Pengasih

(Mazmur 103: 6 – 13)

 

“Tuhan adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia” (ay.8)

             

Mazmur 103 ini dalam Alkitab diberi judul: “Pujilah Tuhan, hai jiwaku”. Pe-mazmur dalam hal ini Daud meminta kepada jiwanya untuk memuji Tuhan (bentuk undangan untuk diri sendiri). Tentu undangan untuk memuji Tuhan kepada dirinya sendiri, lahir atau hasil dari permenungan yang dilakukan oleh pe-mazmur; bahkan pe-mazmur mengatakan supaya jiwanya atau seluruh kehidupannya tidak melupakan kebaikan Tuhan.  

Dalam nas Mazmur 103: 6 -13 ini kita menemukan apa yang menjadi motif atau dasar dari pe-mazmur mengundang jiwanya untuk memuji Tuhan dan tidak melupakan kebaikan Tuhan. Motif atau dasar dari dari pe-mazmur memuji Tuhan disimpulkan dalam pengakuan bahwa TUHAN PENYAYANG DAN PENGASIH. Kasih sayang Tuhan nyata dalam perbuatanNya yaitu: menjalankan keadilan dan hukum bagi orang yang diperas/tertindas, memperkenalkan jalan-jalanNya dan perbuatan-perbuatanNya, Dia murka karena dosa-dosa kita tetapi Dia tidak menuntut dan mendendam, Dia tidak melakukan setimpal dengan dosa kita bahkan dosa dan pelanggaran kita dijauhkanNya, kasihNya besar bagi orang-orang yang takut akan Dia seperti bapa sayang kepada anak-anaknya.   

Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Karya Tuhan yang menunjukkan bahwa Dia adalah Tuhan penyayang dan pengasih nyata di dalam Diri Yesus Kristus. Dosa dan pelanggaran kita tidak diperhitungkanNya, Tuhan datang ke dunia ini menjadi manusia dalam Diri Yesus Kristus sehingga setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa tetapi memperoleh kehidupan yang kekal. Maka sama seperti pe-mazmur yang mengundang jiwanya untuk memuji Tuhan demikianlah kita juga mengundang jiwa kita untuk memuji Tuhan dan tidak melupakan kebaikan Tuhan.

Tuhan Penyayang dan pengasih. Kalau kita mengundang jiwa kita untuk memuji dan tidak melupakan kebaikan Tuhan, hidup yang seperti apakah yang harus nyata di dalam kehidupan kita?  

  • Hidup sesuai dengan jalan dan kehendak Tuhan. Dosa dan pelanggaran kita tidak diperhitungkan sebaliknya sejauh timur dari barat demikianlah Tuhan menjauhkan segala dosa dan pelanggaran kita. Seseorang yang sudah diampuni dosa dan pelanggarannya tidak lagi dikuasai dosa dan tidak lagi berbuat dosa sebab dia telah hidup baru yaitu hidup di dalam Tuhan dan yang kecintaannya melakukan kehendak Tuhan.
  • Menjalani hidup dengan mengandalkan Tuhan. Banyak pergumulan hidup yang kita hadapi di dunia ini, dengan mengetahui bahwa Tuhan penyayang dan pengasih maka kita tidak akan takut dan khawatir. Dengan mengandalkan Tuhan kita akan memperoleh kebahagiaan.
  • Menjalani hidup dengan melakukan kebaikan kepada sesama. Tuhan telah menyatakan kebaikan dan kasih sayangNya dalam kehidupan kita adalah menjadi tanggungjawab dan panggilan kita untuk meneruskan kebaikan tersebut kepada sesama.

 

Tuhan penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih karunia, pujilah Dia dan jangan pernah melupakan kebaikanNya. Selamat memuji Tuhan dan melakukan kebaikan.

 

Doa:    Ya Tuhan, kami puji dan muliakan namaMu karena Engkau tidak memperhitungkan dosa dan pelanggaran kami, tetapi Engkau dengan kasih sayangMu mengampuni dan membuang dosa-dosa kami. Tuntun kami dengan Roh Kudus supaya kami senantiasa hidup untuk memuliakan Engkau dengan melakukan kebaikan kepada sesama kami dan menjauhkan hidup kami dari dosa. Dengarlah doa kami hanya karena kasih sayangMu di dalam nama AnakMu, Tuhan Yesus Kristus. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: