jump to navigation

Nyanyian Baru Bagi Tuhan Februari 13, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Malam Jumat 13 Pebruari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Nyanyian Baru Bagi Tuhan  

 ( Mazmur 98: 1 – 9 )

 

“Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus” (ay.1)

 

             Bernyanyi dan bersorak-sorai dengan iringan alat musik menjadi ajakan pe-mazmur dalam nas ini. Bernyanyi dan bersorak-sorai merupakan salah satu cara yang dilakukan pe-mazmur untuk mengekspresikan kejadian atau pengalaman yang sedang dialaminya. Dalam alkitab perikop ini diberik judul “saat penyelamatan sudah dekat”; itu menunjukkan bahwa pe-mazmur sedang mengalami pergumulan, penderitaan dan kesesakan. Dalam situasi yang dialaminya pe-mazmur yakin akan keselamatan yang akan Tuhan lakukan dan saat tersebut sudah dekat. Atas dasar itulah pe-mazmur menyanyi dan bersorak-sorai bagi Tuhan.

 Sangat jelas apa yang menjadi alasan atau dasar pe-mazmur menyanyikan nyanyian baru bagi Tuhan, yaitu: Tuhan melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib. Daftar perbuatan-perbuatan ajaib itu adalah: Tuhan mengerjakan keselamatan kepada umatNya, memperkenalkan keadilan kepada umatNya, dan Tuhan menghakimi dunia dengan keadilan dan kebenaran.  

Dalam dunia ini banyak hal yang menjadi pergumulan-pergumulan kita; bahkan tidak jarang kita mengalami penderitaan; yang terjadi bukan karena kita tidak benar sebaliknya penderitaan itu terjadi karena kesetiaan kita kepada Tuhan dan kehendakNya. Melalui nas ini kita diingatkan bahwa Tuhan berkuasa melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib yang menyelamatkan kita dan memberikan kepada kita keadilan. Dengan lengan-Nya yang kudus dan tangan-Nya yang kudus Tuhan akan melepaskan kita dan memberikan kemenangan kepada kita yang tetap setia kepada-Nya. Oleh sebab itu seperti apa pun kehidupan yang saat ini kita sedang alami, kita diajak untuk tetap bernyanyi dan bersorak-sorai kepada Tuhan keselamatan kita. Nyanyian kita setiap hari harus selalu baru sebab kasih setia dan keajaiban yang Tuhan lakukan dalam kehidupan kita juga selalu baru. Selamat bernyanyi dan bersorak-sorai untuk Tuhan.

 

Doa:    Ya Tuhan, kemi mengaku bahwa setiap saat perbuatan-perbuatanMu sangat ajaib dalam kehidupan kami. Ajar kami senantiasa untuk menyanyikan dan bersorak-sorai untuk memuliakan namaMu. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: