jump to navigation

Setiap Kemenangan Berasal Dari Tuhan Februari 14, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Malam Sabtu 14 Pebruari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Setiap Kemenangan Berasal Dari Tuhan

( Mazmur 44: 6 – 9 )

 

“Sebab bukan kepada panahku aku percaya, dan pedangku pun tidak memberi aku kemenangan, tetapi Engkaulah yang memberi kami kemenangan terhadap para lawan kami, dan orang-orang yang membenci kami Kauberi malu” (ay.7-8)

           

            Dalam dunia ini tentu kita pernah mengalami sesuatu masalah yang berat yang menguras tenaga dan pikiran kita untuk menghadapinya dan mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Atau kita mungkin pernah merasa terancam oleh tindakan yang jahat dari orang lain, kita di fitnah dll. Merupakan kebahagiaan dan sukacita ketika dari semua masalah tersebut kita dapat bebas dan selamat artinya kita memperoleh kemenangan. Dan untuk itu kita mengadakan kebaktian ucapan syukur, misalnya kebaktian ucapan syukur karena terlepas dari kecelakaan atau marabahaya.

            Nas ini mengingatkan kita bahwa kemenangan yang kita peroleh tersebut bersumber dari Allah; hal tersebut terjadi bukan karena kekuatan dan kemampuan diri kita sendiri. Bukan karena kita mempunyai panah atau pedang, kita mempunyai pengetahuan atau keahlian sehingga kita memperoleh kemengangan. Tetapi kemenangan itu adalah pemberian Tuhan dimana untuk sampai kepada kemenangan tersebut segala potensi yang ada pada kita dipergunakan oleh Tuhan. Pengetahuan dan keahlian, kegigihan dan ketabahan, kesetiaan dan ketaatan, keseriusan dan kesungguhan yang ada pada kita adalah pemberian Tuhan dan itu juga yang dipergunakanNya untuk memberikan kepada kemenangan terhadap segala lawan kita yaitu si Iblis, penderitaan dan pergumulan-pergumulan hidup yang kita hadapi di dunia ini, dan juga orang-orang yang mungkin membenci dan tidak senang dengan keberadaan kita. Oleh sebab itu, hiduplah mengandalkan Tuhan dan percaya kepadaNya. Bersama dengan Tuhan kita tidak akan kalah menghadapi setiap hal yang terjadi di dunia ini; sebaliknya kemenangan demi kemenangan akan dikaruniakan kepada kita.

            Apa yang menjadi respon kita terhadap kemenangan yang dikaruniakan Tuhan tersebut? Ayat 9 mengatakan: orang-orang yang telah menerima kemenangan dituntut untuk hidup menyanyikan puji-pujian sepanjang hari dan mengucap syukur bagi nama Tuhan untuk selama-lamanya. Selamat berkemenangan dan memuji Tuhan.     

Doa:    Ya Tuhan, kami memuji Engkau karena dalam segala hal yang kami hadapi di dunia ini Engkau mengaruniakan kepada kami kemenangan. Ajar kami untuk selalu mengandalkan dan percaya kepadaMu dalam menjalani hidup kami di dunia ini. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: