jump to navigation

Yang Mengandalkan Tuhan Tidak Akan Dipermalukan Februari 26, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Malam Kamis 26 Pebruari 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Yang Mengandalkan Tuhan Tidak Akan Dipermalukan

( Mazmur 31: 2 – 9 )

 

“Pada-Mu, TUHAN, aku berlindung, janganlah sekali-kali aku mendapat malu. Luputkanlah aku oleh karena keadilan-Mu, sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, bersegeralah melepaskan aku! Jadilah bagiku gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku!” (ay.2-3)

 

Pe-mazmur sedang mengalami situasi yang genting di dalam hidupnya. Nama baik pe-mazmur dijatuhkan oleh para musuhnya, ia dicela (Mzm.31:12) oleh persekongkolan orang (Mzm.31:21), ia dikejar-kejar (Mzm.31:16), dia ditinggalkan orang (Mzm.31:12-13), menderita sakit (Mzm.31:10-11), dipermalukan, seakan-akan ia tidak lagi orang dikasihi Tuhan, bahkan dia adalah orang yang dibuang Tuhan (Mzm.31:23). Dalam situasi yang genting tersebut pe-mazmur berdoa dan meminta tolong kepada Tuhan; situasi yang genting tersebut membuat pe-mazmur memohon supaya Tuhan bersegera melepaskan dia. Pe-mazmur menyerahkan permasalahan hidup yang dihadapinya kepada Tuhan dengan harapan bahwa dia tidak akan malu oleh karena musuh-musuhnya. Pe-mazmur hanya mengandalkan Tuhan dan dengan penuh percaya dia berkata: “ke dalam tanganMu kuserahkan nyawaku”.  Bagi pe-mazmur sebagai penolong Tuhan itu sangat terbukti dan setia, bagi pe-mazmur Tuhan adalah gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan yang menyelamatkan, penuntun dan pembimbing.

Bagaimana dengan kita saat ini. Siapakah yang kita andalkan di dalam kehidupan kita? Pada masa-masa sulit dan genting kepada siapakah kita berlindung? Nas ini mengingatkan kita hanya Tuhanlah yang harus kita andalkan. Tuhan tidak akan membiarkan kita dipermalukan oleh dunia ini dan oleh musuh-musuh kita sebaliknya Tuhan akan meluputkan kita dengan keadilanNya. Dia tidak akan menyerahkan kita ke tangan musuh-musuh kita, tetapi Dia akan membebaskan kita dari segala kesesakan yang kita hadapi. Hidup percaya dan mengandalkan Tuhan itu artinya di dalam hidup kita tidak ada ilah-ilah lain, sebab Tuhan membenci orang-orang yang memuja berhala yang sia-sia.

Oleh sebab itu, dalam menghadapi pergumulan-pergumulan di dunia ini, kita tidak perlu takut dan khawatir sebab kita mempunyai Tuhan yang telingaNya tajam mendengar teriakan kita minta tolong dan pertolonganNya tidak pernah terlambat selalu tepat pada waktunya. Selamat mengandalkan Tuhan.

 

  

Doa:    Ya Tuhan. Engkaulah tempat perlindungan dan kubu pertahanan yang menyelamatkan kami. Kami berserah dan percaya hanya kepadaMu jangan biarkan kami dipermalukan dan binasa oleh karena musuh-musuh kami. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: