jump to navigation

Takut Karena Dosa Maret 4, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Malam Selasa 03 Maret 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Takut Karena Dosa

( Kejadian 3: 9 – 19 )

 

“ Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau? Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.” (ay.9-10)

 

 Kenapa Adam bersembunyi dari hadapan Tuhan penciptanya? Karena Adam telah berdosa di hadapan Tuhan, dia telah melanggar perintah Tuhan; akibatnya Adam dan Hawa takut bertemu dan berhadapan dengan Tuhan. Ketakutan tersebut membuat Adam dan Hawa mencari kambing hitam, Adam berkata bahwa perempuan yang ditempatkan Tuhan disisinya yang menjadi awal pelanggaran terjadi, sedangkan Hawa berkata bahwa ular itu yang memperdayakannya sehingga melanggar perintah Tuhan untuk tidak memakan buah pengetahuan yang baik dan benar tersebut. Akibat pelanggaran mereka Tuhan menghukum manusia dan ular tersebut bahkan tanah pun turut terkutuk karena pelanggaran tersebut. Tuhan membuat permusuhan antara ular sipenggoda dengan perempuan tersebut yang berlangsung sampai kepada keturunan mereka. Hal itulah yang kita lakukan hingga saat ini, dimana kita hidup di medan pertempuran melawan kuasa dan godaan iblis, tetapi Yesus Kristus yang datang ke tengah-tengah dunia ini, dengan kematian dan kebangkitanNya telah mengalahkan kuasa iblis, dosa dan kematian.

Dalam kehidupan kita saat ini, hanya orang-orang yang melakukan dosa dan kesalahanlah yang hidupnya selalu di hantui rasa takut. Kita takut berhadapan dengan manusia apalagi berhadapan dengan Tuhan. Pe-Mazmur dalam Mazmur 24:3-4 mengatakan: “Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?” Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu”.

Oleh sebab itu, dalam hidup kita di dunia ini, hiduplah di dalam perintah dan kehendak Tuhan. Dengan pertolongan Roh Kudus berusahalah melakukan apa yang diperintahkan Tuhan, berusahalah hidup sesuai dengan Hukum Tuhan. Dengan hidup di dalam kehendak Tuhan kita mempunyai keberanian datang kehadiratNya. Jika kita melakukan dosa dan pelanggaran, hendaknya kita mau mengaku dosa dan melakukan pertobatan, jangan mencoba membenarkan diri dengan mencari kambing hitam dengan melemparkan kesalahan kepada orang lain, kepada keadaan. Dengan mengaku dosa dan bertobat,  Tuhan akan menerima kita sebab Dia adalah Allah yang Maha pengasih dan pengampun. 

 

 

Doa:       Ya Tuhan, tuntun kami dengan Roh Kudus untuk hidup mendengar dan melakukan firman, hukum dan aturanMu supaya kami hidup. Jika kami melakukan dosa dan pelanggaran tuntun kami kepada pertobatan dan mau datang kehadapanMu mengaku dosa sebab Engkau maha pengasih dan pengampun. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: