jump to navigation

Laksanakan Tugas Panggilanmu Maret 5, 2009

Posted by Agus Dasa Silitonga in Renungan Harian Palito.
trackback

Renungan Malam Kamis 05 Maret 2009

Dari Almanak HKBP Bacaan Malam Hari

 

Laksanakan Tugas Panggilanmu

( Yeremia 1: 4 – 8 )

 

“Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: “Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.  Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN.” (ay.7-8)

 

Pemilihan dan pemanggilan Yeremia menjadi nabi sangat unik dan luar biasa. Sebelum Yeremia dibentuk dirahim ibunya, dia sudah dikenal Tuhan. Sebelum Yeremia keluar dari kandungan, Tuhan sudah menguduskan dia artinya Tuhan sudah memilih dan mengkhususkan Yeremia untuk melakukan perintah dan kehendak Tuhan. Yeremia telah ditetapkan menjadi nabi atas bangsa-bangsa.

Yeremia menyadari keberadaannya, dia yang masih muda dan kurang pengalaman mengaku bahwa tugas sebagia seorang nabi tidaklah mudah; tetapi akan menghadapi tantangan dan hambatan apalagi di tengah-tengah bangsa Israel yang sangat gemar dan senang memberontak kepada Tuhan. Itu sebabnya Yeremia mengatakan kepada Tuhan: “Ah Tuhan, sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda”. Tuhan meneguhkan Yeremia dengan mengatakan bahwa masalah usia bukanlah ukuran bisa atau tidaknya seseorang itu menjadi utusan Tuhan. Yang penting Yeremia mau diutus Tuhan untuk menyampaikan firmanNya; kepada siapa Yeremia diutus dia harus pergi, apa pun yang diperintahkan haruslah dia sampaikan. Yeremia tidak perlu takut menjalankan tugas kenabiannya sebab Tuhan akan menyertai dia untuk melepaskannya.

Dalam dunia ini, sebagai anak-anak Tuhan, kita juga diutus menjadi duta-dutaNya di tengah-tengah dunia ini. Melihat begitu banyaknya tantangan yang kita hadapi di tengah-tengah dunia ini, bisa saja kita takut memainkan peran kita dan menunjukkan identitas kita sebagai duta-duta Tuhan. Firman Tuhan mengatakan siapa yang mempertahankan nyawanya dia akan kehilangan nyawanya tetapi siapa yang kehilangan nyawanya karena firman Tuhan dia akan memperoleh kehidupan. Firman ini mengingatkan kita bahwa kita telah dipilih dan diutus oleh Tuhan dan untuk melaksanakan tugas pengutusan tersebut Tuhan akan menyertai dan memelihara kita. Sepanjang kita melaksanakan seperti yang diperintahkan dan difirmankan Tuhan kita selalu berada dibawah penyertaan dan perlindunganNya. Selamat melaksanakan tugas dan panggilan kita.  

Doa:    Ya Tuhan. Engkaulah yang telah memilih kami menjadi anak-anakMu dan duta-dutaMu ditengah-tengah dunia ini. Kami memohon kiranya Tuhan senantiasa menguatkan kami untuk melakukan dan melaksanakan tugas panggilan kami. Amin.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: